Tenang Menghadapi Lipoma Bersama Aplikasi SehatQ

September 10, 2021

aplikasi sehatq
Tenang Menghadapi Lipoma Bersama Aplikasi SehatQ - Lipoma adalah benjolan lemak yang berada diantara kulit dan lapisan otot. Meskipun tidak berbahaya namun harus diperhatikan keberadaannya. 

Ada yang merasa khawatir karena munculnya benjolan pada anggota tubuh? Jika Anda mengalaminya sebaiknya tenang dahulu. Karena bisa jadi benjolan tersebut merupakan lipoma. Terus apa sebenarnya lipoma itu? Dan bagaimana mengatasinya? Untuk lebih jelasnya yuk baca ulasan berikut ini.

Apakah Lipoma itu?

Mungkin Anda penasaran dengan istilah lipoma, karena jarang kita temui. Karena lipoma sendiri merupakan istilah kedokteran sehingga terasa asing di telinga. 

Lipoma adalah benjolan berupa lemak yang berada diantara kulit dan lapisan otot dimana pertumbuhannya cukup lambat. Lipoma ini punya ciri khusus. Salah satunya jika di tekan dengan jari  terasa lunak dan lipoma mudah digerakkan. Meskipun berbentuk benjolan namun tidak menyebabkan rasa sakit saat di tekan .

Biasanya lipoma lebih sering menyerang orang dengan usia paruh baya antara 40-60 tahun. Pria lebih beresiko terkena lipoma dari pada wanita. Sebagian penderita lipoma ternyata bisa memiliki lebih dari satu benjolan di tubuhnya.

Saat tubuh terdapat lipoma ini tidak membutuhkan perawatan khusus. Namun jika kondisinya semakin membesar dan menimbulkan rasa sakit, maka membutuhkan tindakan medis. Salah satunya dengan pengangkatan melalui operasi.

Gejala lipoma.

Sebagaimana penyakit pada umumnya tentu penyakit ini mempunyai gejala. Meskipun benjolan ini dapat tumbuh di bagian tubuh manapun namun paling sering muncul di area paha ,bahu, leher, lengan maupun perut. Bahkan lipoma juga bisa tumbuh di kepala ataupun di belakang kepala. Adapun benjolan yang muncul di beberapa bagian tubuh tersebut memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • dapat tumbuh menjadi semakin besar bahkan sebesar bola pimpong
  • mudah digerakkan
  • pertumbuhan benjolan ini sangat lambat 
  • *terasa lembek jika disentuk bahkan menyerupai daging sapi.

Kapan harus ke dokter 

Bila anda memiliki benjolan sebagaimana ciri-ciri di atas, anda disarankan untuk memeriksakannya ke dokter. Bisa jadi benjolan tersebut berupa kista atau bahkan tumor ganas (kanker). Tentu Anda harus menghindari hal-hal yang tidak di inginkan jika abai dengan kondisi tubuh.

Anda bisa memeriksakannya ke dokter bila menemukan benjolan tersebut ada dan tumbuh di bagian tubuh anda. Baik yang berupa benjolan kecil maupun yang besar, dapat di gerakkan ataupun tidak serta terasa sakit maupun tidak saat disentuh.

Setiap benjolan tidak bisa langsung mendapatkan kesimpulan sebagai lipoma. Perlu pemeriksaan medis untuk mendiagnosis penyakit ini. Lipoma dapat di ketahui melalui pemeriksaan fisik yaitu dengan melihat. Selanjutnya dengan merasakan karakteristik benjolan yang muncul di bagian tubuh kita. Setelah itu pemeriksaan lanjutan juga di perlukan untuk memastikan penyebab benjolan melalui USG, CT scan, MRI serta biopsi.

Penyebab lipoma 

Meskipun benjolan tersebut berupa lemak, namun penyebab lipoma belum dapat diketahui secara pasti. Ada beberapa faktor dapat meningkatkan resiko memiliki lipoma atau benjolan yaitu :

  1. faktor genetik
  2. telah berusia 40-60 tahun .
  3. menderita penyakit tertentu seperti sindrom gardner, adiposis dolorosa dan lainnya

Penanganan lipoma 

Tindakan terhadap lipoma biasanya dilaksanakan jika menimbulkan rasa tidak nyaman, sakit atau mengganggu serta ukurannya terus mengembang.

Cara yang biasanya di lakukan oleh dokter adalah dengan operasi pengangkatan benjolan. Lipoma tidak akan bisa tumbuh kembali setelah di lakukan pengangkatan. Selain itu cara yang juga sering di lakukan oleh para dokter adalah dengan menggunakan sedot lemak dengan tujuan untuk menyusutkan ukuran lipoma. Namun cara kedua ini tidak bisa menghilangkan lipoma secara keseluruhan.

Jenis-jenis benjolan lipoma 

Lipoma atau benjolan yang muncul di bagian tubuh kita memiliki beberapa jenis jika di lihat dari penyebab dan isi benjolannya ,yaitu sebagai berikut :lipoma konvensional, hibernoma, fibrolipoma, angiolipoma, myelolipoma, pleomorphic lipoma, atypical lipoma 

Hidup Tanpa Panik dengan Aplikasi SehatQ

Saat tiba- tiba menemukan bagian tubuh tidak semestinya, ada benjolan misalnya biasanya langsung bertanya apa yang terjadi. Terlebih jika benjolan seperti lipoma tersebut berada dibagian tubuh yang cukup terekspose sehingga tidak sedap dipandang mata atau mengganggu aktivitas.

Biasanya untuk mengurangi kepanikan pergi ke dokter menjadi pilihan. Sayangnya kesibukan serta jarak yang cukup jauh ke fasilitas kesehatan membuat mengurungkan niat memeriksakan diri. Padahal penting mengetahui sebenarnya apa yang terjadi dengan tubuh.

Saat ini, untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan bukanlah hal yang sulit. Hadirnya aplikasi SehatQ menjawab kebutuhan milenial untuk mendapatkan akses kesehatan dengan sentuhan jari saja. Banyak fitur yang tersedia termasuk juga layanan konsultasi online dengan dokter umum dan spesialist.

Untuk mengaksesnya pun cukup mudah. Bisa langsung berkunjung ke website SehatQ atau download aplikasi SehatQ melalui Playstore maupun Applestore. Jadi, dengan aplikasi SehatQ kapanpun dan dimanapun serasa memiliki dokter pribadi.


You Might Also Like

0 Please Share a Your Opinion.