5 Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik Dan Gratis

Januari 19, 2021

Aplikasi Perekam Layar PC

Perangkat lunak yang sering digunakan banyak orang yang ingin berbagi pengalaman tertentu dalam memecahkan suatu masalah pada komputer adalah aplikasi perekam layar. Dengan merekam layar, maka langkah langkah pemecahan masalah yang harus diikuti akan menjadi lebih jelas serta mudah dipahami. 

Aplikasi semacam ini juga banyak digunakan untuk merekam aktivitas gaming, video call, hingga live streaming. Bahkan beberapa aplikasi menyediakan fitur fitur editing yang berguna untuk meningkatkan kualitas hasil rekaman. 

Aplikasi Penangkap Layar Untuk PC

Berikut dibawah ini 5 aplikasi perekam layar PC terbaik dan gratis yang bisa digunakan untuk Windows, Mac, dan Android, diantaranya yaitu : 

1. Camtasia

Camtasia ini aplikasi perekam layar yang bagus untuk keperluan meeting atau presentasi. Memiliki fitur fitur yang sangat lengkap dan penggunaan yang sangat mudah membuat aplikasi ini sayang dilewatkan. Untuk membuat video yang lebih variatif, aplikasi ini juga telah menyediakan berbagai template dan preset yang bisa dicocokkan untuk berbagai kebutuhan. 

Terdapat juga beberapa fitur canggih lainnya seperti penggunaan green screen, penambahan closed caption atau subtitle, menghilangkan background noise pada suara, dukungan integrasi dengan Microsoft PowerPoint, dan masih banyak lagi. 

2. Movavi Screen Recorder Studio

Aplikasi perekam layar ini juga memiliki banyak fitur perekaman video dan pengeditannya, sehingga membuatnya sangat inklusif dan serbaguna. Aplikasi Movavi Screen Recorder Studio ini memungkinkan para penggunanya bisa merekam layar PC atau sebuah bagian dari layar dan mengedit hasil rekaman dengan dukungan beberapa fitur seperti trim, crop, flip, hingga menambahkan filter dan watermark. Penggunanya juga bisa melakukan screenshot layar lalu menyimpannya sebagai file. 

3. Bandicam

Aplikasi perekam layar yang hanya tersedia untuk perangkat Windows ini populer karena mampu merekam video berkualitas tinggi. Setelah merekam, kamu bisa langsung menyimpan hasil rekaman sebagai file video khususnya dalam format AVI atau MP4 atau dalam file gambar diam

Bandicam memiliki beberapa fitur yang paling menonjol yaitu kemampuannya untuk memilih dan merekam area tertentu atau keseluruhan layar PC, menggambar pada video saat sedang direkam, serta menambahkan overlay webcam ke video dimana kamu bisa merekan diri sendiri saat layar sedang direkam. 

4. ShareX

Aplikasi ShareX ini hanya tersedia untuk PC yang menjalankan OS Windows 7, 8.1, dan 10 saja. Aplikasi ini tidak hanya gratis tetapi sifatnya juga open source, tanpa iklan, dan cukup ringan untuk digunakan. Aplikasi ini bisa menangkap sebagian atau seluruh bagian layar dan bisa menangkap area layar dengan menggunakan bentuk persegi panjang, elips, atau dengan tangan bebas. ShareX juga memungkinkan penggunanya untuk menambahkan efek gambar atau watermark kedalam rekaman. 

5. CamStudio

CamStudio adalah sebuah aplikasi perekam layar PC yang sifatnya itu open source. Aplikasi ini mampu merekam semua bagian layar dan aktivitas audio di PC kamu serta membuat file video AVI yang bisa dirubah dengan mudah menjadi video SWF. Aplikasi ini juga akan memudahkan kamu dalam menambahkan teks yang berkualitas tinggi ke semua video yang direkam. 

CamStudio tidak hanya memiliki kelebihan dalam fitur teknis videonya saja, tetapi juga menawarkan codec lossless miliknya yang mampu menghasilkan video berkualitas lebih tinggi dengan ukuran file yang lebih kecil. Menariknya, kamu tidak perlu membayar untuk menggunakan aplikasi ini meski proyek kamu bersifat professional. 

Selain itu masih ada aplikasi perekam layar PC lainnya yang terbaik dan gratis yaitu Filmora Scrn dengan antarmukanya yang simple dan fitur fiturnya yang komprehensif. 

You Might Also Like

0 Please Share a Your Opinion.