inspirasi ukhti blog

Inilah Tips Perawatan Motor Sebelum Mudik

9 komentar

Pict: Andrea Piacquadio: https://www.pexels.com/

Tahun ini liburan sekolah cukup istimewa karena bebarengan dengan libur Nataru (Natal dan Tahun Baru). Itu artinya tidak hanya anak saya saja yang libur panjang, tetapi sang ayah juga bisa cuti kerja tahunan. Jadi bisa dikatakan liburan bersamaan seperti ini jadi momen tepat untuk mudik selain Hari Raya Idul Fitri.

 Bagi kami yang berada jauh dari tanah kelahiran, perjalanan liburan pulang kampung butuh persiapan matang. Terlebih perjalanan kami juga menggunakan motor maka selain mempersiapkan berbagai akomodasi selama liburan juga menyiapkan motor dalam kondisi prima.

Beberapa hari sebelum mudik, wajib mengecek kondisi motor. Selain demi keselamatan juga keamanan kami sekeluarga selama perjalanan. 

Bagian Motor Wajib Dicek Sebelum Mudik 

Sistem Pengereman

Kondisi rem menjadi komponen penting yang harus dicek sebelum melakukan perjalanan jauh. Pada rem cakram, saat menemukan kampas ataupun piringan rem sudah aus maka segera melakukan penggantian. Sedangkan pada rem biasa bisa dilihat dari dinding tromolnya yaitu jika sudah sejajar dengan tanda batas yang tersedia maka wajib segera di ganti ya.

Kondisi ban

Pernah mengalami tiba- tiba ban bocor atau meletus saat berkendara? Jika iya, selain menghambat perjalanan tentu juga membahayakan. Agar kondisi tersebut tidak terulang atau jangan sampai terjadi maka wajib cek kondisi ban sebelum melakukan perjalanan jauh. Salah satu tanda “kuning” jika ban wajib diganti yaitu saat kondisi ban sudah tipis dan memiliki tekstur bergelombang. Karena kondisi ban tipis selain rawan ban meletus atau bocor juga bisa tergelincir terutama saat hujan.

Terus ganti ban di mana? Kalau kami sudah lama mempercayakan pada Planet Ban. Selain cabangnya dekat dengan tempat tinggal, di Planet Ban tersedia berbagai merek, jenis dan ukuran ban sesuai dengan kebutuhan. Jadi layanan di Planet Ban itu beragam ya. Dari mulai penggantian ban, servis motor rasa baru juga menyediakan beragam spare part motor.

Oli Mesin

Bagian lain yang perlu dicek dan sering dilupakan yaitu penggantian oli mesin motor. Oli mesin ini memiliki fungsi selain sebagai pelumas juga pendingin mesin. Penting juga memperhatikan kandungan oli mesin terutama kandungan ester-nya. Kandungan ester ini di dalam mesin berfungsi menjaga suhu mesin tetap stabil sehingga aman digunakan untuk perjalanan jauh.

Saat ini Planet Ban memiliki oli eksklusif dengan kandungan ester yang bernama Oli X-Ten. Dengan Oli X-Ten ini kondisi mesin kendaraan tetap bisa stabil meskipun menempuh perjalanan hingga 5000 kilometer.

Aki Motor

Komponen kelistrikan pada motor tergaantung pada kondisi aki. Untuk itu penting melakukan pengecekan pada aki sebelum melakukan perjalanan jauh. Untuk pengguna aki kering secara berkala yaitu 2 tahun sekali menggantinya. Sedangkan menggunakan aki basah, pastikan tidak terjadi kebocoran atau terminal berkarat. Untuk mengecek terjadi kebocoran atau tidak bisa dilihat tegangan aki. Saat mesin motor mati, maka tegangan 12,3 hingga 12,6 volt sedangkan jika menyala tegangan aki 13,7 hingga 14,2 volt.

Periksa Busi

Pernah mengalami motor tiba- tiba mogok di jalan? Bisa jadi karena busi kotor atau mati. Untuk itu penting mengecek kondisi busi sebelum mudik. Busi ini yang berfungsi mengubah listrik menjadi percikan api sehingga motor bisa menyala. Jadi kalau busi kotor atau aus segera ganti untuk menghindari hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

Cek CVT dan Rantai 

Yang tidak kalah pentingnya dalam pengecekan kendaraan yaitu cek CVT dan rantai. Pada sepeda metic CVT ini menjadi alat gerak sehingga motor bisa berjalan. Sama dengan CVT, rantai juga mentransfer tenaga yang dihasilkan mesin untuk menggerakkan motor pada motor bebek. Jadi baik CVT maupun rantai fungsinya cukup vital dan harus mendapatkan pengecekan juga.

Bagi yang ingin memastikan apa saja yang dibutuhkan motor kesayangan sebelum diajak mudik, bisa langsung konsultasi sama ahlinya yaitu Planet Ban. Konsultasi bisa dilakukan secara gratis dengan menghubungi WA Konsultasi Planet Ban langsung dan tentunya gratis lho.



 

 

 

Anis Khoir
Anis Khoir
Seorang content creator yang juga Mom Blogger Tuban. Bisa dihubungi di achmianisa@gmail.com
Terbaru Lebih lama

Related Posts

9 komentar

  1. Wah.. Mantap nih ada pelayanan via WA jadi kita perjalanan mudik / liburan jadi aman dan nyaman

    BalasHapus
  2. Siap dicatat nih infonya, Kak. Merawat kendaraan tuh memang penting banget ya, jadi lebih aman dan nyaman untuk dipakai ke mana saja.

    BalasHapus
  3. Kadang kita lalai soal perawatan motor nih. Pas dipakai mudik ada trouble. Apesnya lagi, bengkel pada tutup, mekaniknya mudik...Huhuhu...

    BalasHapus
  4. Penting sekali merawat motor apalagi saat digunakan terjadi kerusakan agar terkendala semua urusan kita

    BalasHapus
  5. Kebahagiaan menyambut liburan memang harus disertai persiapan matang, ya, apalagi ada rencana mudik menggunakan kendaraan pribadi. Semuanya harus dalam keadaan prima, agar perjalanan aman dan lancar.

    BalasHapus
  6. Namanya perjalanan jauh memang harus prima ya mba kondisi kendaraan. Apalagi kalau medannya banyak hutan, nggak ada bengkel, jadi memang harus dipersiapkan agar minim kendala.

    BalasHapus
  7. Sepakat banget kalau mau mudik wajib cek motor apalagi cek ban ya Mbak? kalau ban tipis wajib ganti, biar aman di jalan.

    BalasHapus
  8. Mudi menggunakan motor emang jadi pilihan banyak orang ya mbak
    Tentu saja sebelum dibawa mudik ya harus di servis dulu ya di cek semuanya

    BalasHapus
  9. Motor tiba-tiba mogok pas lagi jalan ini sudah pernah loh saya alami. tapi ngga tahu kenapa, syukurnya masih bisa menepi dengan aman. Bahkan baru2 ini motor rewel karena tiba-tiba nggak mau distarter, padahal baru saja dibawa ke bengkel untu servis. Sepertinya, harus ganti ke planet ban ya. Sudah lah murah, kualitas hasil pasca servis juga bagus.

    BalasHapus

Posting Komentar