Masjid Annur Pare Kediri

Mei 24, 2020



MASJID ANNUR PARE KEDIRI. Masjid Annur merupakan masjid agung di Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Terletak di pusat kota membuat masjid ini sangat strategis untuk beribadah maupun sekedar wisata religi. Bagi anda yang ke Kampung Inggris Pare wajib untuk mengunjunginya. 

KECAMATAN PARE KOTA KECIL DENGAN FASILITAS LENGKAP 

Pare merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Kediri. Meskipun sebuah kecamatan, Pare termasuk kota kecil yang maju. Terlihat dari fasilitas umum yang cukup lengkap.Dari mulai fasilitas kesehatan dimana terdapat RSUD yang cukup besar serta beberapa rumah sakit swasta hingga fasilitas olah raga yaitu sebuah stadion. Begitupun dengan kegiatan ekonomi ditunjang dengan adanya pasar daerah juga pasar induk agro. Pun masalah pendidikan beberapa sekolah favorit jika terdapat di Pare dari jenjang pra sekolah hingga SMA. 

Pare selalu identik dengan Kampung Inggris. Tidak salah memang, namun sebenarnya ada banyak sisi menarik dari Pare lainnya. Sama dengan kota lainnya yang memiliki masjid agung seperti masjid Gresik , Pare juga memiliki masjid agung

MASJID ANNUR PARE KEDIRI 

Pesatnya perkembangan Pare tidak hanya di sisi ekonomi serta pendidikan saja. Syia’ar agama juga cukup berkembang. Terbukti adanya Masjid Annur yang merupakan landmark kota Pare. Berdiri megah di jalan utama pare yang mana letaknya cukup startegis membuat mudah ditemukan 

Letak masjid Annur Pare 

Masjid Agung Pare terletak di jalan Melati . Disisi sampingnya merupakan Jalan Pahlawan Kusuma Bangsa yang merupakan salah satu jalan utama di kota Pare. Terletak tepat ditengah pusat pendidikan dimana samping kirinya merupakan SMPN 2 Pare dan SMAN 1Pare, sedangkan di sisi kiri terdapat SMK Bakti Mulia dan SMK Kosgoro. Tepat di belakang masji Annur terdapat taman Kilisuci 

Arsitektur Bangunan Masjid Annur 

Arsitektur masjid sendiri berkonsep Jawa Klasik. Terlihat dari atap bangunan berbentuk tajug seperti model piramik diatasnya. Dibuat dengan kemiringan yang cukup ekstrim memberi kesan atapnya cukup tinggi. 

Modifikasi dari arsitektur jawa klasik terlihat dari soko guru. Bangunan jawa klasik soko guru hanya terdiri dari 4 buah. Di masjid ini soko guru digandakan menjadi 4 setiap tiangnya sehingga menjadi 16 soko guru. 

Di depan masjid sebelah kiri terdapat menara yang cukup tinggi dan kokok. Menara ini terpisah dari bangunan utama masjid. Untuk akses ke menara sendiri ditutup untuk menjaga keamanan dan ketertiban di kawasan masjid. 

Untuk bagian dalam masjid dibuat terbuka tanpa banyak hiasan. Mihrab serta mimbar dibuat sederhana dengan akses garis lengkung saja. Tujuannya tentu garis tersebut sebagai pembeda dengan ruangan lainnya. Yang khas dari masjid ini bedug diletakkan di dalam ruangan utama sebagai salah satu aksen ruangan. 

Awalnya, di tengah plaza masjid dibuat kolam yang dipinggir bibirnya terdapat lampu yang yang indah. Namun sekarang kolam sudah ditutup sehingga plaza terlihat lebih luas. Jadi jangan heran ya jika menemukan bentuk masjid Annur yang agak berbeda. 

Arsitek masjid Annur Pare 

Masjid Annur terilhami dari rancangan arsitek asal Amerika John Portman. Rancangan masjid ini telah diakui masyarakat dunia. Terbukti telah mendapatkan penghargaan dari kerajan Saudi Arabia sebagai Juara Pertama sayembara Internasional kategori perancanganan arsitektur masjid. 

SEJARAH MASJID ANNUR PARE KEDIRI 

Masjid agung pare ini awalnya berdiri tidak megah seperti sekarang. Awalnya bangunan masjid tidak terlalu besar. Saya ingat ketika masa SD, lomba mengaji di Masjid Annur Pare bangunannya belum diubah total. Baru tahun 1996, diletakkan batu pertama pembangunan masjid. Untuk nama Annur sendiri diambil dari pejuang Islam dari Pare yaitu Kyai Nurwahid 

Pembangunannya pun ternyata tidak mulus. Apalagi sekitar tahun 2000an terjadi krisis di Indonesia dan berpengaruh juga pada proses pembangunan sehingga harus dihentikan sementara. Namun setelah itu tidak lama dilanjutkan kembali. Dan, pada tahun 2004 akhirnya masjid diresmikan oleh Bupati Kediri. Sebagai syukurannya ada acara tumpeng raksasa 

KONDISI MASJID ANNUR PARE KEDIRI 

Memasuki area masjid, di parkiran pengunjung akan disambut penjaga yang akan siap membantu anda. Anda dapat memparkir kendaraan ditempat yang disediakan. Area parkir dengan bangunan utama bisa dibilang cukup jauh, jadi siap- siap jalan kaki ya mengingat area masjid ini cukup luas. 

Luasnya area masjid mungkin menjadi salah satu faktor beberapa area kurang terawat. Bisa di maklumi sih mengingat betapa luasnya area. Tentu tidak mudah menjaga kebersihan serta kondisi fisik bangunannya. Namun kabar baiknya saya rasa sekarang Masjid agung pare ini lebih bersih dan terawal dari yang sebelumnya. 

Okey, bagi kalian yang sedang, akan atau sudah berada di sekitaran Pare Kediri jangan lupa mampir masjid ini ya. Selain bisa menunaikan kewajiban sholat, kalian akan dapat juga spot foto yang intagramable lho.

You Might Also Like

0 Please Share a Your Opinion.