Persiapan Ramadhan Agar Penuh Keberkahan

Persiapan Ramadhan Agar Penuh Keberkahan
Persiapan Ramadhan Agar Bulan Suci Penuh Keberkahan. Bulan Ramadhan menjadi bulan yang paling dinanti umat Islam. Bulan Ramadhan banyak sekali keutamaannya sehingga berlomba-lomba untuk mendapatkan berlimpahnya pahala. Bahkan ada satu malam yaitu malam lailatul Qodhar yang kemuliannya melebihi 1.000 bulan. Coba bayangkan, hanya beribadah satu malam sajaa tapi sudah mendapatkan pahala 1.000 bulan lamanya. 

Tidak mengherankan jika karena keutamaannya itu persiapan Ramadhan jauh hari sebelumnya. Rasulullah dan para sahabat sendiri, melakukan persiapan Ramadhan 6 bulan sebelumnya. Bagaimana dengan kita? Tentu setiap orang berbeda dalam menjawabnya. Namun yang pastinya tulisan ini bisa jadi pengingat untuk melakukan persiapan Ramadhan lebih baik lagi. 

CARA PERSIAPAN RAMADHAN AGAR PENUH KEBERKAHAN 

Cara yang dilakukan untuk persiapan Ramadhan bisa dilakukan dengan berbagai cara sebagai berikut : 
· Membayar utang puasa. 
Bagi muslimah khususnya biasanya memiliki utang puasa Ramadhan. Bisa karena haid, nifas atau sakit yang menyebabkan tidak bisa melaksanakn puasa pada bulan Ramdhan. Agar bisa puasa dengan nyaman pada bulan Ramadhan, segera lunasi utang puasa yang dimiliki. Apalagi bagi yang utang puasa karena nifas melahirkan, biasanya jumlahnya banyak. Membayar puasa dengan segera bisa menjadi cara persiapan Ramadhan agar lebih baik lagi. 

· Memperbanyak ilmu tentang puasa. 
Sebelum melakukan ibadah kita dituntut untuk tahu dahulu ilmunya baru mengamalkannya. Tujuannya dengan ilmu apa yang dilakukan sesuai dengan tuntutan syariat sehingga amal yang dilakukan bisa bernilai ibadah maksimal. Tidak berbeda dengan ibadah lainnya, puasa Ramadhan juga membutuhkan ilmu. Apalagi daam puasa Ramadhan selain merupakan salah satu rukun Islam juga banyak bonus pahala di dalamnya. Dengan mengetahui lebih banyak ilmu puasa jadi cara persiapan Ramadhan lebih maksimal menjalankannya. Sehingga tujuan dari pada puasa akan tercapai. 

· Menjaga hati. 
Hati merupakan satu organ yang membawa pengaruh besar bagi tubuh. Jika hati dalam keadaan bersih, maka mudah melakukan ketaataan. Tapi sebaliknya jika hati diliputi dengki dan ketamakan akan sulit melakukan kebaikan, termasuk berpuasa. Maka ketika ingin mendapatkan pahala Ramadhan berlipat ganda, bersihkan dahulu hati kita. Hilangkan kecintaan pada dunia yang berlebihan sehingga membutakana diri dari berbuat kebaikan. Membersihkan kotoran hati tentu tidak instan. Perlu tahapan jangka panjang. Untuk itulah sedari sekarang bersihkan hati sebagai persiapan Ramadhan dan memperoleh kenikmatan iman 

· Manajemen waktu. 
Waktu adalah sumber kehidupan. Dari waktulah jadi penentu untuk melakukan sesuatu. Untuk itulah penting sekali mengatur waktu yang dimiliki sehingga bisa bermanfaat maksimal. Jangan sampai waktu terbuang percuma, apalagi habis dengan mainan gatged. Marilah atur waktu yang dimiliki dengan banyak melakukan ibadah sebagai persiapan Ramadhan yang mulia. 

· Memperbanyak membaca alquran. 
Membaca Alquran merupakan ibadah yang banyak pahalanya. Setiap huruf yang dibaca dihitung pahala. Selain berpahala, Alquran merupakan pedoman hidup. Segala permasalahan hidup dibahas dalam Alquran jika mau mempelajarainya. Tapi untuk bisa rutin membaca Alquran tentu perlu latihan dulu. Begitu pula jika ingin mengkathamkan Alquran di bulan Ramadhan. Maka sedari sekarang, mulai meningkatkan jumlah bacaan Alquran sebagai persiapan Ramadhan. Dengan begitu nantinya Ramadhan datang, kita sudah terbiasa membaca Alquran yang mulia. 
Perbanyak baca alquran
Baca Alquran

· Memperbanyak latihan puasa. 
Ketika memasuki bulan Rajab, kita dianjurkan untuk memperbanyak puasa sunah. Selain menambah pahala, tujuan lainnya yaitu persiapan Ramadhan. Sesuatu yang dibiasakan akan mudah dilaksanakan termasuk dalam melakukan puasa. Apalagi banyaknya bonus pahala di Bulan Ramadhan jangan sampai terlewat begtu saja karena badan lemas akibat tidak melatih puasa. Puasa merupakan sebuah cara tidak memanjakan perut. Kalau perut biasa diajak puasa juga maka menurunkan hawa nafsu dunia. 

· Memperbanyak sholat sunnah. 
Sholat sunah memiliki keutamaan sendiri- sendiri. Misalkan saja sholat sunnah rowatib yang merupakan penyempurna bagi sholat fardhu. Sholat dhuha sebagai penarik rizki dan lainnya. Selain keutamaan tadi tentu pahala dan bonus kedekatan dengan Allah SWT. Maka ketika sering melakukan sholat sunnah, akan semakin mendekatkan pada Allah juga banyak mendapatkan kemuliaan. Tentu bulan Ramadhan nanti ingin banyak beribadah bukan? Memperbanyak sholat sunnah bisa sebagai cara persiapan ramadhan agar mendapatkan banyak kemuliaan dan pahala. 
Perbanyak sholat sunnah
Memperbanyak sholat sunnah

· Melatih sholat malam. 
Salah satu sholat sunnah yang hanya ada di Bulan Ramadhan yaitu Sholat Tarawih. Sholat tarawih sendiri memiliki bilangan rakaat yang cukup banyak jika dibandingkan sholat lainnya. Ada yang 8 rakaat ada juga yang 20 rakaat. Tentu akan kelelahan dan tidak maksimal melaksanakan jika tidak biasa melaksanakan. Maka agar bisa sampai selesai melaksanakan sholat Tarawih maka memperbanyak dan mempersering untuk sholat malam. Tentunya tidak perlu banyak dulu. Namun dengan latihan secara rutin dan membiasakan sholat malam tentu dapat digunakan sebagai cara persiapan ramadhan sehingga akan terbiasa sholat tarawih 

· Mempersiapkan harta untuk shodakoh. 
Salah satu pahala yang berlipat ganda pada bulan Ramadhan juga berlaku untuk shodaqoh. Tidak mengherankan jika dimana-mana berlomba-lomba untuk shodaqoh. Bahkan pahala orang yag memberi makan buka puasa orang yang berpuasa sama dengan orang yang berpuasa. Sehingga mulai dari sekarang persiapakan ramadhan dengan banyak shodakoh. Agar yang di dimiliki nantinya untuk shodaqoh di bulan puasa serta melatih diri untuk sedekah mulai sekarang. 

PERSIAPAN RAMADHAN MAKSIMAL MERAIN KEMULIAAN
Cara diatas semoga bisa menjadi inspirasi cara persiapkan Ramadhan. Kita tidak akan perah tahu seberapa lama usia yang diberikan. Belum tentu puasa ramadhan depan masih diberi usia panjang. Maka mari maksimalkan jika masih diberikan kesempatan untuk meraih kemulian Bulan Ramadhan.
Tips

Belum ada Komentar untuk "Persiapan Ramadhan Agar Penuh Keberkahan"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel